22 Juni 2007

thumbnail

eBook

Harga buku (bermutu) di Indonesia masih sangat mahal, jenis kertasnya berat. Taruh 3 buah novel di dalam tas dan tas itu akan terasa sangat membebani punggung. Bayangkan jika salah satu buku tersebut adalah versi hardcover dari Tom Clancy, misalnya Executive Order, atau masterpiece nya Dan Brown yang kontroversial, Da Vinci Code. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk membelinya. Untuk fiksi saya punya koleksi Agatha Christie, John Grisham, Tom Clancy, Michael Crichton, dan tentu saja keempat novel Dan Brown, belum lagi buku-buku lain. Bayangkan betapa makan tempatnya buku-buku itu.

Entah saya ketinggalan jaman, atau saya lelet, setelah bertahun-tahun surfing dan browsing (apa sih bedanya surfing sama browsing) baru saja saya sadar bahwa di dunia ini sudah lama ada yang namanya eBook, itupun rekan saya yang mengingatkan. Rekan yang bernama Harnata Simanjuntak ini sudah lama berburu eBook di internet dan koleksinya gila-gilaan, mulai dari literatur lamanya Victor Hugo, Rudyard Kipling, naskah-naskah William Shakespeare, sastra Indonesia, kumpulan resep masakan, filsafat, buku-buku IT, fiksi populer, hingga ke novel silat Ko Ping Ho. Kalau dicetak menjadi buku fisik, eBook2 itu bisa jadi makan tempat 3 lantai gedung perpustakaan di tingkat kabupaten (atau kotamadya).

Ini hal baru bagi saya (yang ketinggalan jaman ini). Kenapa tidak dari dulu 'gitu low'. Tentu saja banyak biaya dan tempat yang bisa dihemat. Konsep buku fisik/cetakan menjadi buku digital adalah konsep yang luarbiasa kalo dipikir. eBook novel Da Vinci Code misalnya, hanya berukuran 500-an Kilobyte. Jadi dalam satu flashdisk standar ukuran 256 MB bisa kita isi dengan ratusan eBook, ini suatu hal yang revolusioner. Menurut saya lo.

Di mana mendapatkan eBook-eBook tersebut? Bisa di sini , di sini, atau juga di sini. Banyak lagi situs-situs yang menyediakan eBook, ada yang berbayar, banyak juga yang geratiz, bah! Dan untuk membaca eBook-eBook tersebut bisa pakai Adobe (Acrobat) Reader, bisa pake MS Reader dan bisa juga pake iSilo. Ada juga eBook yang berbentuk file executable tapi hati-hati dengan jenis file ini karena bisa ditunggangi pilus. (Virus, maksudnya!) Yep, selamat bereBook ria.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

1 Comments

avatar

Thanks for sharing your thoughts. I really appreciate
your efforts and I will be waiting for your next write ups thanks once again.

Feel free to visit my blog post ... domain

Reply Delete

Follow by Email