15 Juni 2007

thumbnail

Puteri Gunung Ledang

Kerajaan Demak hendak menyerang Majapahit. Untuk mencegah hal itu terjadi, raja Majapahit Adipati Handaya Ningrat menawarkan adiknya Gusti Putri Retno Dumilah untuk dikawinkan dengan Raja Demak, tapi sang adik sudah berlayar duluan untuk menemui kekasihnya Hang Tuah, di Gunung Ledang, Kerajaan Melaka. Nah lo, ada nggak hal ini ditulis dalam sejarah?

Tapi inilah inti cerita film produksi Malaysia yang pemainnya antara lain Dian Sastrowardoyo, Alex Komang dan Christine Hakim. Film produksi tahun 2004 ini dikirim untuk dinilai dalam ajang Academy Award (Oscar) tapi tidak mendapat penghargaan apapun, juga di Asian Film Festival di Bangkok (2005). Tau sebabnya kenapa? Riset sejarahnya kurang cermat. Bangunan istana ada yang memakai batu bata, sedangkan pada masa dulu di jaman Hang Tuah, batu bata beginian belum ada. Hal-hal kecil begini lah yang bisa bikin tersandung, padahal jalinan ceritanya memikat dan bisa membuat film ini tersanjung.

DVD/VCD nya cuma diproduksi di Malaysia, Indonesia tidak atau belum ada. Kalau mau beli mesti (untuk koleksi) mesti menyeberang dulu.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email