09 Juli 2007

thumbnail

PC Media Antivirus

Majalah PC Media sudah hampir 2 tahun belakangan ini merilis PC Media Antivirus, antivirus buatan Indonesia. Keunggulan antivirus ini terletak pada keampuhannya membasmi virus-virus lokal, misalnya brontok dan variannya, pendekar, dealova dan sebagainya. Virus-virus lokal kebanyakan memang belum masuk dalam database antivirus luar seperti Norton dan McAfee.

Antivirus ini dibundel dalam DVD bonus majalah PC Media. Secara berkala adiknya PC Media, yaitu PC Mild juga menyertakan antivirus ini dalam CD bonusnya.

Dalam readme teks nya disarankan agar kita memadukan PCMAV ini dengan database dari Clam Antivirus. File-file asli dari PCMAV ini terdari dari PCMAV Cleaner, PCMAV RTP (Real Time Protector), rtphook.dll dan sebuah file readme. Untuk memadukannya dengan database Clamav, kita membutuhkan file yang bernama libclamav.dll . Hanya dua file yang dibutuhkan dari situs Clamav, yaitu main.cvd dan daily.cvd . Untuk nama file terakhir kita harus mendownload nya terus menerus agar database clamav tersebut selalu dalam keadaan update.

Yang jadi masalah adalah, jika dalam sebuah PC sudah ada antivirus lain, misalnya AVG, eSafe, Panda Antirus, McAfee, maka PCMAV biasanya malah akan dianggap sebagai virus, atau sebagai file yang membahayakan. AVG dari Grisoft misalnya, mengganggap PCMAV sebagai Generic2.ZMD , dan Panda Antivirus akan mengganggapnya sebagai suspicious file (file yang mencurigakan). Kayaknya tim PC Media harus bekerja keras untuk menghilangkan bug-bug ini.

Untuk memperoleh PCMAV ini, selain bisa didapat di Majalah PC Media atau Tabloid PC Mild, juga bisa didownload dari Mas Eko di sini.
Sedangkan database dari Clamav, yaitu file main.cvd dan daily.cvd bisa didapatkan di http://www.clamav.net/

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email