04 Mei 2008

thumbnail

Quantum of Solace : The Meaning

Film Bond berikutnya yang akan dirilis bulan Nopember 2008 nanti, adalah Quantum of Solace. Beberapa rekan bertanya kepada saya, apa artinya judul tersebut? Solace sendiri artinya adalah pelipur-lara. Biasanya judul-judul film James Bond diambil dari judul-judul novel atau kumpulan cerita pendek James Bond yang ditulis oleh Ian Fleming, kecuali misalnya GoldenEye (1995). GoldenEye merupakan nama rumah peristirahatan Ian Fleming di Jamaica, tempat ia menulis beberapa novel James Bond.

Judul Quantum of Solace diambil dari novel yang merupakan kumpulan plot atau cerita pendek berjudul For Your Eyes Only. Judul For Your Eyes Only sendiri sudah difilmkan pada tahun 1981 dengan Roger Moore sebagai James Bond. Quantum of Solace merupakan cerita pendek ke tiga di novel tersebut. Kisahnya sendiri sama sekali tidak memuat spionase, tidak ada pistol, tidak ada penjahat, dan tidak ada konspirasi global, tapi tetap dianggap sebagai salah satu tulisan terbaik Ian Fleming tentang karakter James Bond. Lewat Quantum of Solace, Ian Fleming mencoba menulis kisah James Bond dengan pendekatan yang lebih serius dan 'nyastra', gaya yang mirip dengan W. Sommerset Maugham.

Dikisahkan, James Bond sedang duduk di sebuah sofa, berbicara dengan seorang Gubernur Kolonial. Setelah Bond berkomentar kecil tentang 'menikah dengan pramugari', si Gubernur kemudian bercerita tentang seorang temannya yang bekerja di lingkungan diplomat, yang menikahi seorang pramugari. Dalam kisahnya itu terungkap bahwa setelah pernikahan yang didasari cinta kasih dan saling pengertian, hubungan sepasang suami istri tersebut merenggang, dan sang istri terlibat affair, sementara si diplomat dipindahkan ke Washington, DC.

Inti ceritanya adalah tentang fenomena emosi yang oleh si Gubernur disebut sebagai quantum of solace, unit terkecil dari rasa kasih sayang yang bisa dimiliki oleh dua manusia. Selagi rasa kasih sayang itu ada, manusia bisa survive, tetapi jika itu hilang, ketika pasangan kita tidak lagi peduli terhadap rasa kemanusiaan kita yang paling dasar, hubungan itu akan berakhir. Persisnya, dalam kisah itu si Gubernur mengatakan bahwa quantum of solace adalah "...a precise figure defining the comfort, humanity and fellow feeling required between two people for love to survive. If the quantum of solace is nil, then love is dead."

Pada akhir cerita pendek ini, dikisahkan James Bond mengalami depresi. Dan tiba-tiba menemukan bahwa kehidupan petualangannya selama ini pada dasarnya membosankan, bahkan tanpa makna, jika dibandingkan dengan drama kehidupan manusia yang baru saja diceritakan oleh si Gubernur. Kisah yang tersirat dari cerita pendek James Bond ini adalah suatu fakta yang tak terkatakan selama ini, bahwa tidak ada satupun di dunia yang memiliki quantum of solace terhadap James Bond. Dia sendirian, orang yang terdekat dengannya adalah M, yang pada akhirnya memburunya seperti binatang buruan. Intinya, James Bond adalah orang yang paling kesepian di dunia ini.

Well, terlepas dari semua hal-hal yang wah yang meliputi karakter James Bond, ternyata saya lebih beruntung, karena saya (merasa) memiliki cukup quantum of solace. (Tentu saja kisah filmnya nanti jauh dari kesan sentimentil seperti di cerita pendeknya).

Artikel terkait: Quantum of Solace: Bond 22

Main site: www.ferdiansyah.com

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email