07 Juli 2008

thumbnail

Photophobia dan Xeroderma Pigmentosum


Dalam film Pitch Black dan sekuelnya, The Chronicles of Riddick, Vin Diesel memerankan sosok protagonis antihero yang memiliki mata yang rentan terhadap cahaya. Karakter yang bernama Riddicks ini harus memakai sejenis kacamata pelindung jika di siang hari, atau pada kondisi cahaya terang. Cahaya akan sangat menyakitkan bagi matanya. Kelainan seperti ini memang ada di dunia nyata, istilahnya disebut Photophobia. Maksudnya tentu saja bukan rasa takut untuk difoto, atau alergi dengan kamera. Pengertian medis dari photophobia adalah rasa sakit, atau nyeri, atau tidak nyaman yang dialami oleh mata karena terekspos cahaya. Jika sumber cahayanya berasal dari matahari, kelainan ini disebut heliophobia. Jadi ini adalah semacam penyakit atau kelainan pada fungsi mata, disebabkan karena (misalnya) kerusakan pada retina, sehingga cahaya yang masuk tidak terfilter dengan baik, menyebabkan bagian photoreceptor pada retina mengalami stimulasi berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Hampir semua orang tahu tentang drakula. Karakter fiksi yang pertama kali muncul dalam novel Bram Stoker itu selalu digambarkan takut pada cahaya, terutama cahaya matahari. Hal ini berlaku pula pada vampir-vampir di film-film lain. Vampir Lestat (Tom Cruise) dan Louis de Pointe du Lac (Brad Pitt) berpetualang mencari mangsa di malam hari dan tidur di peti mati yang kedap cahaya pada siang hari (film Interview With The Vampire: The Vampire Chronicles). Di film tersebut juga digambarkan vampir Claudia (Kirsten Dunst) kulitnya terbakar dan hangus karena terpapar sinar matahari.

Dalam film The Others, Nicole Kidman memerankan seorang ibu yang sangat protektif terhadap dua orang anaknya. Pintu yang menghubungkan ruangan yang satu ke ruangan yang lain harus selalu dikunci. Untuk membuka pintu berikutnya, pintu yang dilewati sebelumnya harus dikunci dulu. Ia juga tidak mengijinkan gorden di buka pada siang hari. Sehingga rumah itu selalu berada dalam kegelapan, baik siang maupun malam. Cahaya yang dibenarkan adalah cahaya lilin atau cahaya lampu teplok yang temaram. Nicole Kidman tidak ingin anaknya terkena sinar matahari, karena kulit mereka ekstra sensitif. Cahaya matahari sedikit apapun akan menyebabkan kulit mereka terluka atau terbakar. Memang adakah hal-hal seperti itu?

Kerentanan vampir dan drakula, serta kelainan yang dialami oleh anak-anak Nicole Kidman dalam film The Others tersebut didasarkan pada istilah medis yang disebut Xeroderma Pigmentosum (XP), yaitu suatu penyakit atau kelainan bawaan pada kulit yang jarang ditemui, dimana kulit sangat peka terhadap sinar matahari terutama terhadap sinar ultra violet. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan sel untuk meregenarasi jaringan kulit jika terkena sinar ultra violet. Bahkan sinar ultra violet yang berasal dari cahaya matahari dapat memicu kanker kulit yang parah pada penderita XP ini. Gejala-gejala lainnya jika terpapar sinar matahari adalah timbulnya luka bakar yang parah, adanya bintik-bintik merah pada usia muda, kulit sangat kering, dan lidah, bibir, mulut dan mata lebih cepat menua.

Dalam hal ini, apa yang digambarkan dalam sebuah film memang didasarkan pada hal-hal yang nyata, walaupun (sebagaimana jamaknya sebuah film) film tersebut menampilkan kisah fiktif.

Artikel Terkait : Hypnerotomachia Poliphili | Pareidolia | Six Degrees of Separation | Serendipity

Main site : www.ferdiansyah.com

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email