08 Juli 2010

thumbnail

The Day of the Jackal

The Day of the Jackal adalah fiksi yang menggambarkan plot yang sangat rinci tentang usaha pembunuhan atas presiden Perancis Charles de Gaulle, didasarkan pada insiden-insiden yang benar-benar terjadi pada masa itu.

Tulisan karya Frederick Forsyth tersebut begitu penuh dengan detil faktual, hingga pemerintah Inggris harus melakukan perubahan besar-besaran dalam birokrasi pengurusan dokumen. 

Metode untuk mendapatkan identitas baru dan paspor aspal dijelaskan langkah-langkahnya secara detil di buku ini, dan berhasil ditiru oleh banyak orang. Metode yang dikenal dengan istilah "Day of the Jackal fraud" tersebut dianggap sebagai celah keamanan paling rentan di Inggris, hingga, seperti yang saya katakan di atas, membuat pemerintah Inggris melakukan perubahan besar-besaran pada sistem dokumentasinya.

Filmnya sendiri diproduksi oleh Universal Pictures pada tahun 1973 dengan Edward Fox sebagai the Jackal. Pada awalnya, penampilan Edward Fox terlihat tidak meyakinkan dan saya berpikir kok aktor dengan tampang nyaris culun seperti ini yang dikasting sebagai pembunuh misterius. Tapi kemudian saya berpikir lagi, memang harus demikianlah penampilan pembunuh misterius, dia tak perlu kelihatan misterius dan meyakinkan, malah harus kelihatan sepele dan tak berkesan hingga tak satupun di dunia ini yang bisa menyangka bahwa dia adalah si Jackal. 

Plot filmnya sendiri sangat setia pada bukunya, sesuatu yang sangat jarang terjadi pada film-film yang diangkat dari novel. Sinopsis ceritanya, baik di film maupun di novel kira-kira sebagai berikut:

Grup sempalan OAS yang selama ini berusaha melakukan pembunuhan terhadap Charles de Gaulle namun selalu gagal, akhirnya menyewa pembunuh misterius asal Inggris yang hanya dikenal sebagai the Jackal (rubah). Dana untuk membayar Jackal didapat dari perampokan-perampokan bersenjata yang dilakukan secara sporadis oleh pengikut OAS di seluruh Perancis. 

Persiapan the Jackal yang efisien  digambarkan secara detil, bagaimana ia mendapatkan paspor aspal, melakukan penyamaran, perjalanannya dari Inggris ke Belgia, kemudian Italia dan akhirnya ke Perancis, usahanya untuk mendapatkan senjata yang dibuat khusus oleh seorang ahli senjata, dan kejar-kejaran antara pihak berwajib dengan dirinya.

Namun ternyata pemerintah Perancis berhasil mencium usaha pembunuhan ini, dan memperoleh informasi mengenai the Jackal. Presiden de Gaulle sendiri adalah jenis orang yang tidak suka dikawal dan menolak mempercayai informasi tersebut. Yang jadi masalah lain adalah, tak satupun yang tahu siapa dan bagaimana tampang si Jackal ini. Untuk itu ditugaskanlah Inspector Claude Lebel (Michael Lonsdale, yang pernah jadi villain dalam film James Bond Moonraker, Ronin, dan Munich) untuk memimpin penyelidikan secara diam-diam. Maksudnya diam-diam adalah, hanya menteri dalam negeri dan kepolisian Perancis yang tahu masalah ini, dan tidak boleh ada yang bocor ke pers demi stabilitas negara. 

Bekerja sama dengan Scotland Yard (kepolisian Inggris), Interpol, dan komunitas intelijen Eropa, yang terjadi kemudian adalah permainan kucing dan tikus antara kelompok Inspector Lebel dengan the Jackal. Filmnya cukup menegangkan dan enak ditonton. 

Film ini kemudian dibuat remake nya (dengan perubahan plot dan kondisi yang disesuaikan) pada tahun 1997 dengan Bruce Willis sebagai the Jackal, didampingi oleh Richard Gere dan Sidney Poitier. 

Jika ingin mendownload filmnya, ini link torrentnya.
Jika ingin mendownload novelnya, ini link ebooknya. Password: icarus@equinox

Baca selengkapnya di http://www.ferdy.mirrorz.com

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email