09 Oktober 2010

thumbnail

Machete

Menonton Machete sama dengan having fun. Tidak usah terlalu mikir mendalam karena jalan ceritanya terlalu biasa, sama dengan The Expendables, sepasukan bad guys melawan good guys, dan di tengahnya adalah tokoh yang abu-abu. Film ini melulu fun dan entertainment. Kesan entertainment nya lebih kental lagi dengan kehadiran cewek-cewek latin yang cantik dan seksi, termasuk Jessica Alba dan Michelle Rodriguez, dan juga kehadiran si troubled girl Lindsay Lohan, yang dalam film ini dengan sukarela tampil topless.

Yang menarik di sini adalah kehadiran aktor-aktor Robert De Niro, Don Johnson, dan Steven Seagal yang ketiganya memiliki karakter antagonis. Robert De Niro berperan sebagai senator fasis, John McLoughlin, yang membenci kaum imigran. Dia bekerja sama dengan koboi fasis lainnya, Don Johnson yang berperan sebagai Von Jackson yang kejam. Keduanya berkolusi dengan raja narkoba Meksiko, Torrez, yang diperankan oleh Steven Seagal. Inilah untuk pertama kalinya Steven Seagal bermain sebagai tokoh jahat. Dan ini juga untuk pertama kalinya Steven Seagal bermain di film layar lebar sejak Half Past Dead tahun 2002. Antara tahun 2002 hingga sekarang, Steven Seagal yang karirnya semakin menurun, bermain di film-film Eropa dan Asia atau perusahaan film Amerika kelas B, yang filmnya diproduksi langsung dalam bentuk DVD dan VCD, atau langsung ke jaringan televisi. Juga ada Jeff Fahey, sebagai Michael Booth, asisten senator John McLoughlin, penghubung antara sang senator dengan Torrez.

Sedangkan tokoh protagonisnya, Machete, yang juga menjadi tokoh sentral di film ini, diperankan oleh si tampang kriminil, Danny Trejo. Danny Terjo selalu muncul dalam film-film garapan sutradara Robert Rodriguez, mulai dari Desperado, From Dusk Till Dawn, Sin City, trilogi Spy Kids, hingga Once Upon A Time In Mexico. Karakternya biasanya menjadi ahli pisau atau pelempar pisau, istilah Machete sendiri artinya pisau atau golok. Film ini awalnya dibuat dalam bentuk trailer palsu yang muncul di permulaan film duologi Grindhouse: Planet Terror (Robert Rodriguez), dan Deathproof (Quentin Tarantino). Karena banyak yang suka dengan trailer tersebut, banyak yang mendesak agar trailer palsu tersebut benar-benar dibuat dalam bentuk film. Jadi, filmnya sendiri belum dibuat, tapi peminatnya sudah sangat banyak, inilah yang mungkin menjadi penyebab mengapa aktor kaliber besar seperti Robert Deniro bersedia tampil di film ini. Lagipula, Robert Deniro memang terkenal bisa memerankan karakter manapun dengan sangat meyakinkan, baik maupun jahat. Sebelumnya dia pernah menjadi bandit Al Capone dalam The Untouchables, monster buatan haus darah di film Frankenstein, dan penjahat hippie dalam film Jackie Brown (Quentin Tarantino).

Kisahnya begini. Machete, mantan federalis Meksiko, setelah istri dan anaknya dibunuh oleh Torrez, bekerja sebagai imigran gelap di Texas. Ia kemudian dijebak oleh Michael Booth untuk membunuh Senator McLoughlin. Pembunuhan yang direkayasa tersebut gagal dan Machete dikejar-kejar oleh berbagai pihak, termasuk oleh agen Sartana Rivera (Jessica Alba). Machete kemudian dibantu oleh Luz, pemimpin jaringan bawah tanah yang juga dikenal sebagai 'She'. Singkat cerita, dengan bantuan Sartana Rivera dan pasukan jaringan She, Machete berusaha memporakporandakan kolusi antara Senator McLoughlin, Michael Booth, Von Johnson dan membalas dendam pada Torrez.


Seperti saya katakan tadi, film ini menarik dari segi hiburan. Adegan actionnya, seperti biasa dalam film-film Robert Rodriguez, adalah sangat absurd dan fantastis. Soal adegan kekerasan, Robert Rodriguez setali tiga uang dengan Quentin Tarantino, banyak darah dan bagian tubuh terpenggal di mana-mana, di tambah lagi dengan hadirnya wanita-wanita seksi, film ini sepertinya memang konsumsi laki-laki, bukan wanita. Jessica Alba dengan potongan rambutnya yang jelek, dan Michelle Rodriguez yang seksi, juga Lindsay Lohan yang topless tapi kemudian berkostum biarawati (transformasi dari bitch menjadi angel), menjadi pemandangan yang menyegarkan mata.

Tontonlah film ini sebagai hiburan, karena sekali-sekali kita perlu rileks tanpa harus dibebani banyak pikiran. Bagi yang senang mendownload dengan torrentz, film tersebut bisa didownload di sini: Machete. (Batam, 9 Oktober 2010)

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

2 Comments

avatar

om, emailnya apa, slam kenal yah..
email sya..gm_sunday@yahoo.com

Reply Delete

Follow by Email