03 Juli 2012

thumbnail

Melangsing

Saya mengikuti petunjuk dari pakar nutrisi dari Malang, dr. Denny Santoso. Dia enterpreneur  dan pembicara di seminar2 melangsing, juga pemilik website www.panduandiet.com ,www.duniafitnes.com dan beberapa lagi. Akun twitter nya adalah @dennysantoso dan fanpage nya juga ada di fb, cari aja nama Denny Santoso.

Sebagaimana yang ditekankan oleh dia, bahwa inti nya sebenarnya dalam melangsing menjaga pola hidup dan pola makan. Diet itu arti sebenarnya bukan menahan lapar dengan tidak makan, itu salah besar, tetapi mengatur asupan makanan. Jika kita berdiet dengan tidak makan malam misalnya, atau sengaja menahan lapar, dietnya tidak akan pernah berhasil, kalopun berhasil hanya sebentar, karena tubuh manusia memiliki sifat pendendam, jika jatahnya dihambat, dia akan meminta lebih di lain waktu. Jadi selalu terjadi jika ada yg dietnya menahan lapar, dia akan cepat gendut lagi. Ini terjadi jika kita sedang berpuasa, tubuh akan menuntut lebih pada saat berbuka, karena pada dasarnya sifat manusia itu cengeng, jika kita puasa, kita ingin diperlakukan istimewa, makanan berbuka nya harus banyak dan lezat2.

Diet dengan cara menahan lapar akan membuat tubuh kehilangan massa otot, sementara lemak hanya sedikit sekali yang berkurang. Maka tubuh akan kelihatan tidak bagus juga.

Yang membuat saya mulanya tidak percaya, adalah bahwa kita justru disuruh makan lebih sering (bukan lebih banyak). Pembakaran kalori hanya bisa terjadi melalui metabolisme, dan metabolisme tidak akan berjalan kalau kita tidak makan. Untuk mempertahankan metabolisme yang terus menerus, kita harus lebih sering makan. Dan ternyata itu berhasil. Makanya kita sering melihat ada orang yang sering makan tapi tubuhnya kok langsing2 aja.

Kuncinya adalah: kurangi karbohidrat, perbanyak potrein, buah dan sayur. Kurangi terutama karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana adalah sejenis karbohidrat yang begitu kita makan, akan langsung diserap tubuh sebagai kalori, dan kelebihan kalori yang tidak terpakai (jika kita tidur setelah makan, atau aktifitas yang kurang) akan disimpan sebagai lemak. Contoh utama karbohidrat sederhana adalah: nasi putih, roti putih, tepung terigu.

Ada karbohidrat kompleks, yang jika dimakan tidak serta merta diserap sebagai kalori, tetapi bertahap sesuai dengan aktifitas kita. Contohnya adalah: roti gandum (whole wheat bread), nasi merah (nasi beras merah), singkong, ubi jalar, kentang.

(itulah sebabnya tubuh orang bule bagus2, antara lain karena mereka tidak makan nasi. maaf, bukan menghina nasi, tapi kita sebenarnya tidak membutuhkan nasi sebanyak yang biasa kita makan).

Pola makan kita selama ini salah: lebih banyak nasi di piring daripada lauk dan sayur. Nasinya 80%, sisanya lauk dan sayur. Artinya karbohidrat nya 80%, sisanya protein, vitamin dan mineral. Padahal kita hanya memerlukan 20% asupan karbohidrat setiap harinya. Yang 60% ituw tidak akan terpakai dan akan disimpan sebagai lemak.

Biasanya kalo habis makan siang dengan banyak nasi, artinya dengan banyak karbohidrat, karena nasi mengandung gula (glukosa), maka kadar gula dalam darah kita akan meningkat. Peningkatan kadar gula darah ini akan membuat tubuh mengirim sinyal kepada pankreas agar pankreas memproduksi insulin. Proses ini selain mengganggu metabolisme, juga membuat kita mengantuk. Alhasil kita tidur siang. Tidur siang ini memperparah penumpukan lemak dalam tubuh. Jikapun tidak tidur siang, kita akan minum kopi, tentu saja dengan gula dan krim, yang juga akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jika terbiasa tidur siang, bangunnya sore harus olahraga.

Mulai sekarang coba kurangi nasi, perbanyak lauk (protein), sayur dan buah (vitamin dan mineral) di piring. Nasinya 20% saja. Kalau misalnya nasinya tetap pengen banyak, ganti nasi putihnya dengan nasi merah, atau kentang, atau roti gandum utuh, yang kadar seratnya tinggi.

Yang harus dikurangi juga makanan dari tepung terigu. Donat adalah contoh yang berbahaya. Terbuat dari tepung yang mengandung karbohidrat yang tinggi, terus digoreng dengan minyak, lalu dilumuri gula. Bayangkan berapa banyak kalori, lemak dan glukosa yang kita dapatkan dari sepotong donat. Belum lagi makannya tentu dengan teh manis, kopi manis, yang manisnya harus lebih manis dari donat.

Tentu saja harus dibarengi olahraga. Olahraga yang bagus untuk membakar lemak adalah: jogging pagi saat perut masih kosong. Bangun dengan minum air putih, lalu jogging. Tubuh akan memaksa lemak terbakar. Joggingnya bisa dengan hanya jalan cepat saja (45 menit), atau paduan dari lari dan jalan cepat, selang seling selama 25 menit. Jangan lakukan jogging pagi dengan hanya lari tanpa diselingi jalan cepat. Untuk yang susah bangun pagi bisa dengan minum vitamin B complex tiap sebelum tidur, atau minum susu protein/kalsium.

Makanlah dengan frekuensi 5 atau 6 kali sehari dengan porsi cukup, tidak berlebihan, dengan memperbanyak protein, sayur dan buah. Ini contoh menu harian:

1. (Sarapan) Jam 7 - 8 : - Oatmeal atau telur atau roti gandum dengan selai kacang, atau yoghurt, atau biskuit. Kopi atau susu kalsium atau sandwich dgn banyak sayur dan protein.

2. (Snack pagi) sktr jam 10 : - Buah potong, atau roti gandum atau biskuit kalsium.

3. (Makan siang) sktr jam 12-2 : Nasi putih (20% di piring), atau nasi merah (sepiring), ayam/ikan/daging, sayur hijau/serat. Minum air putih atau teh tanpa gula.

4. (Snack sore) sekitar jam 4 : roti gandum atau biskuit kalsium, yoghurt, susu kalsium (maksudnya low fat, misalnya anlene)/susu kedelai atau buah potong.

5. (Makan malam) sekitar jam 7 : nasi putih (20%) atau nasi merah, ayam/ikan/daging, sayur hijau/serat. Minum air putih atau teh tanpa gula.

6. (Snack malam) sekitar jam 9-10 sebelum tidur : susu kalsium/biskuit kalsium/susu kedele, sayur2an, atau buah potong.

Hindari makanan2 ini (terutama malam): gorengan, donat, mi instan, mi goreng, bubur ayam, soto ayam, kfc, burger, pizza.

Hindari minuman2 ini : soda (coke, pepsi, sprite), minuman dalam kemasan (kecuali aqua dan larutan cap badak), redbull, susu full cream, kopi susu, teh susu, bir.

Wine dalam takaran yang cukup memiliki antioksidan yang membantu proses sehat melangsing.

Usahakan pilih makanan yang direbus atau dibakar, hindari yang digoreng sedapat mungkin. Ayam bakar jauh lebih baik drpada ayam goreng. 

Output: tubuh akan lebih fit, lebih ringan, lebih segar, lebih bisa menikmati hidup, seks nya juga akan terasa lebih bersemangat, lebih sensitif dan lebih terasa nikmat. Juga akan terbiasa berpikir positif, tidak gampang lelah/ngantuk, terhindar dari diabetes, jadi orang yang lebih bisa diandalkan, dan bersemangat mencari rejeki.

Semua udah dipraktekkan sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa cek kewww.panduandiet.com , www.duniafitnes.com , follow di twitter @dennysantoso. Juga terdapat aplikasi mobile untuk iPhone, android dan Blackberry yang bisa didownload di www.duniafitnes.com/mobile .

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

2 Comments

avatar

Nice blog Om, izin share yaa.

Thanks.

Reply Delete

Follow by Email