21 Agustus 2015

thumbnail

Download Film Dengan Torrent - Siapa Takut?

Walaupun mendownload film dengan torrent sudah jamak dilakukan, tapi masih banyak juga teman-teman yang bertanya bagaimana caranya. Apalagi setelah beberapa situs download film seperti Ganool, nontonmovie, dan lain-lain telah diblokir oleh Kemeninfo baru-baru ini.

Mula-mula kita harus memiliki software torrent client. Ada banyak software torrent yang gratis, di antaranya adalah uTorrent, BitTorrent, TorrentReactor dan lain-lain. Saya sendiri menggunakan Mediaget  ataupun Vuze yang bisa didapat dengan mudahnya karena itu adalah freeware. Sengaja tidak menggunakan client yang ada kata torrentnya, untuk alasan kamuflase, dan klise. 

Tapi sebelumnya, mari kita cari tahu apa itu torrent.

Mudahnya begini: Kalau biasanya kita mendownload sebuah aplikasi atau software dari Download.com kita akan mendownload file tersebut dari server Download.com, secara tidak langsung mereka harus menyediakan file tersebut untuk bisa di download banyak orang, bisa kita bayangkan jika dalam satu waktu ada 100 ribu orang yang mendownload file tersebut secara bersamaan dari situs Download.com, berapa bandwidth yang mereka habiskan? (setahu saya) yang pasti akan sangat boros. 

Berbeda dengan torrent, secara logika server tetap menyediakan file aplikasi atau software tersebut sebagai sumber untuk di download (server disini bukan berarti sebuah situs ataupun penyedia file, namun dapat juga sebagai seseorang yang mendistribusikan file tersebut) yang terdaftar pada tracker didalam file .torrent, namun bedanya jika sudah ada beberapa orang dari 100 pendownload yang mendownload file tersebut selesai, maka pendownload yang lain tidak perlu mendownload file langsung dari sumbernya, melainkan dapat mengambil bagian atau bits dari beberapa orang yang juga ikut atau yang selesai mendownload file tersebut, orang orang yang selesai mendownload ini biasanya di sebut seeders, dan yang mendownload dari seeders ini biasa di sebut peers atau leechers. Contoh: jika dalam sebuah file torrent untuk sebuah film tertulis angka: seeders 1200, peers/leechers 800; artinya adalah terdapat 800 unit/orang yang mendownload film tersebut dari 1,200 pemilik file, baik file nya sudah lengkap ataupun belum.

Bingung dengan penjelasan di atas? Gapapa, lanjut aja ke cara-cara di bawah ini.

Setelah torrent client terinstal di pc atau laptop anda, begini langkah-langkah berikutnya bagi yang belum tahu:

  1. Cari film yang ingin anda download di situs-situs penyedia torrent, seperti www.yts.ag  atau dapat langsung ke portal torrent yang sering saya kunjungi, yaitu www.mkavecage.com .Masukkan kata kunci berupa judul film di kolom search.
  2. Cari film dengan kode BRRip, Bluray Rip, HDRip, WEB DL, ataupun DVDRip, artinya kualitas gambarnya merupakan rip dari Bluray, High Definition, ataupun dari DVD. Selain itu ada pula Screener. Yang dimaksud screener adalah film-film yang didistribusikan untuk dinilai oleh kritikus, badan sensor dan lain-lain. Kebanyakan file film dengan kode Screener selalu memiliki running teks yang isinya menyatakan bahwa copy film tersebut hanya untuk screening (screening purpose only), tapi kualitas gambar dan suaranya lumayan bagus. Jenis file lain seperti CAM (rekaman bioskop), TS atau RS sebaiknya jangan didownload karena biasanya mutu gambar dan suaranya ancur.
  3. Baca komen-komen user yang sudah mendownload. Jika ada komen yang menyebutkan A=9 dan V=9 itu artinya nilai Audio dan Videonya 9, dari skala 1 hingga 10.
  4. Perhatikan ukuran file. Untuk film standar dengan durasi hingga 2 jam dengan kualitas Bluray Rip, DVDRip dengan ukuran gambar 720p, rata-rata ukuran file nya mulai dari 700 MB. 
  5. Pilih file film yang berasal dari Verivied Source (sumber yang telah diverifikasi). Ditunjukkan dengan kode centang hijau. File-file dari sumber yang tidak diverifikasi bisa berbahaya, karena sering ada sisipan trojan, malware ataupun virus.
  6. Perhatikan rasio seeder vs leecher. Jika jumlah seeder lebih banyak daripada leecher, maka downloadnya akan lebih cepat. Jika jumlah leecher lebih banyak daripada seeder, maka downloadnya akan lebih lambat, karena filenya jadi rebutan.
  7. Untuk file ukuran 700an MB, dengan koneksi standar misalnya, dan rasio seeder vs leecher nya bagus, maka film tersebut kira-kira akan selesai didownload dalam waktu 4 jam. Tenang saja, karena downloadnya selalu bisa disambung lagi jika koneksi internet terputus atau komputer kita matikan. Jika anda memanfaatkan internet di kantor, anda bisa menyambung downloadnya besok jika kantor ditutup. Yang penting pada saat komputer dihidupkan, software Bittorrent nya jalan, dengan logo di sudut kanan bawah menunjukkan proses download.
  8. Kebanyakan file film yang didownload formatnya .avi, mp4 dengan kompresi DIVX maupun XVID, juga H264, namun sekarang juga ada file dengan format mkv (matroska) dengan kompresi yang lebih tinggi. Kompresi demikian membuat file nya kecil (file film DVD aslinya 4 GB lebih), namun kualitas gambar dan suaranya masih tetap bagus. File seperti ini bisa diputar di DVD Player yang ada logo mp4 atau DivX.
  9. Jika Windows Media Player default anda tidak bisa memainkannya, gunakan VLC Media Player, Gom Player, ataupun KM Player yang bisa didownload di internet.
  10. Tidak hanya film, dengan BitTorrent kita bisa mendownload games, software, musik dan lain-lain.
  11. Torrent client lain yang bisa anda gunakan selain BitTorrent adalah Deluge.
  12. Jika anda butuh subtitle, bisa cari subtitle untuk film yang telah anda download di subscene.com atau opensubtitles.org, di mana saya juga merupakan salah satu kontributor di kedua portal tersebut.



Jadi, jika ada koneksi internet, terutama yang unlimited, manfaatkan sebaik-baiknya. Download lah film-film kegemaran anda yang belum sempat anda tonton. O ya, dengan menulis artikel ini berarti saya termasuk salah satu dari sekian juta orang yang memberi peluang  pembajakan film. Tak apalah, asal jangan film-film yang anda download anda jual lagi dalam bentuk DVD di lapak-lapak kaki lima. 

Artikel ini merupakan update dari artikel sebelumnya yang saya posting pada bulan Juli 2010 dengan judul sama: http://blog.ferdot.com/2010/07/download-film-dengan-torrent-siapa.html

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Follow by Email